Rabu, 23 Januari 2013

MENINGKATKAN NAFSU MAKAN TERNAK KAMBING

Jamu gendong biasa di jual oleh mbok jamu dengan bahan bahan alami nah di sini kita juga bisa membuat jamu  untuk menambah nafsu makan ternak kambing.
Dengan bertambahnya  nafsu makan ternak  kambing maka produktifitasnya akan meningkat dan ternak akan terjaga stamina, daya tahan tubuh, strees dan penyakit. Untuk itu, cara meningkatkan nafsu makan ternak perlu terus dilakukan. Jamu adalah dipilih untuk meningkatkan nafsu makan. 


  1. Daun talas 3 lembar dan garam dapur 3 sendok makan digodog selama 15 menit. Daun yang sudah direbus tadi siap di berikan untuk pakan setiap ekor kambing.
  2. Kencur segar 1 ons, dihaluskan bisa di tumbuk atau di parut kemudian dicampur kuning telur ayam kampung 1 butir, Jamu ini diberikan untuk 3 hari sekali sampai kondisi makan kambing normal.
  3. Daun buni, umbi lempuyang gajah dan terasi secukupnya ditumbuk hingga halus, di sedu sedikit air matang. Lalu  ini diperas dan diambil sarinya kemudian airnya diberikan pada kambing. 
  4. Mentimun 2 buah di haluskan, lalu dicampur garam dapur, asam jawa, terasi dan air secukupnya. Jamu ini siap diberikan pada kambing untuk sekali pemberian.
  5. Daun buni 5 lembar, lengkuas sebesar ibu jari, terasi dan garam dapur secukupnya ditumbuk hingga halus lalu ditambahkan air secukupnya. Jamu ini diperas dan airnya disaring dan diberikan pada 2 ekor kambing. 
  6. Pucuk daun durian 5 lembar, daun buni 5 lembar, daun dadap serep 5 lembar, terasi dan garam dapur secukupnya kemudian bahan ini di tumbuk. Tambahkan sedikit air dan airnya diperas. Air perasan ini diberikan pada 2 ekor kambing. 

JIKA ARTIKEL INI MENURUT ANDA BERMANFAAT  MOHON DI SHARE MELALUI FACEBOOK TWETTER SEMOGA BISA MENAMBAH PENGETAHUAN UNTUK MASYARAKAT DAN MENAMBAH RIZQI ANDA

Baca juga artikel yang lain :

1 komentar:

  1. aku ponya kambing 4 ekor dan tak kasi makan jerami yg sudah aku fermentasi sudah 2 minggu kalau makan kok susah sekali. gimana caranya agar bisa makan dgn lahap

    BalasHapus