Rabu, 23 Januari 2013

Mengatasi Stress Meningkatkan Stamina Pada Ternak


Meningkatkan stamina, daya tahan tubuh dan strees ternak kambing sangatlah utama untuk dijaga lebih bagus ditingkatkan. Ternak kambing yang mengalami perjalanan jauh, perubahan musim bahkan proses adaptasi atau penyesuaian lingkungan baru kambing akan mengalami penurunan stamina, daya tahan tubuh dan stress yang tinggi, sehingga dapat mengakibatkan ternak kambing cepat terserang penyakit bahkan berakibat pada kematian. Tanda klinis : Kambing menjadi lesu dan tidak bergairah. Nafsu makan berkurang bahkan hilang. Kambing terlihat sering duduk-duduk.
Pencegahan :
Kandangkan kambing pada lokasi yang rimbun. jaga kegaduhan atau kegiatan yang membuat ternak kaget. Berikan pakan sesuai daerah asal (ramban yang sudah layu ± 3 jam).
Pengobatan jamu :
1. Larutkan gula merah 2,5 ons dicampur asam jawa secukupnya. Jamu ini diberikan setelah kambing sampai di kandang atau dari perjalanan jauh (pra droping), cuaca di sekitar kandang memburuk (terik panas/hujan) dan pada saat satu bulan pertama droping/adaptasi. Jamu ini diberikan 1 satu minggu satu kali dan dua hari berturut-turut sesaat setelah droping.
2. Madu 2,5 ons gelas dicampur dengan kuning telur bebek 1 butir. Berikan jamu ini dengan cara diminumkan.
3. Dapat juga Kambing di suntikkan neurobion / vit B komplek yg di jual di Apotek

JIKA ARTIKEL INI MENURUT ANDA BERMANFAAT  MOHON DI SHARE MELALUI FACEBOOK TWETTER SEMOGA BISA MENAMBAH PENGETAHUAN UNTUK MASYARAKAT DAN MENAMBAH RIZQI ANDA

Baca juga artikel yang lain :

1 komentar:

  1. kambing pejantan saya baru beli dari pasar ternak kemudian saya suntik vit B comlek tapitetap malas makan gimana solusinya? trims.....

    BalasHapus